Table of Contents [Show]
www.cakrawala.site - Halo Sobat, Apa kabar? pada kesempatan
ini saya akan berbagi tips tentang seo
untuk jualan (Seo Toko Online), Baik untuk jualan barang maupun jualan jasa.
Teknik ini saya dapatkan secara gratis di salah satu video tutorial SB1M
(sekolah bisnis satu milyar) setahun yang lalu. Saya sendiri adalah member
free. Dan saya sudah menguji coba teknik ini dan ternyata teknik ini manjur
juga.
Teknik ini sudah banyak digunakan oleh
imers. Tapi saya saya rasa banyak juga yang belum tahu tentang teknik ini. Oleh
karena itu saya tertarik untuk mengulasnya kembali.
Kembali ke topik pembahasan. Jadi yang
akan saya sampaikan pada artikel ini yaitu TeknikLBO (local business organized). Saya tidak tahu definisi dari LBO itu
sendiri, namun yang saya pahami LBO adalah salah satu Teknik SEO Toko Online yang menarget kata kunci suatu lokasi/tempat
tertentu.
Struktur dari LBO adalah sebagai berikut:
Kata Kunci (keyword) + Lokasi/tempat + CP (contact Person)
Contoh:
- Jasa Laundry di Bandung 08328727266
- Jasa pengetikan di jakarta
08328727266
- Dsb.
Penjelasan :
- Jasa Laundry dan jasa pengetikan =
kata kunci (keyword)
- Di Bandung = Lokasi/tempat
- 082328727266 = Cp (contact person)
Anda juga bisa menggunakan long tail keyword
Contoh:
-Jasa laundry terpercaya di bandung
082328727266
-Jasa pengetikan profesional di
jakarta 08232877266
-
Dsb.
Atau anda bisa mengkreasikan kata
kunci sesuai dengan selera anda yang terpeting adalah struktur LBO tetap
mencantumkan Lokasi dan Contact Person. Anda juga dapat mendahulukan contact
personnya misal : “082328727266 Jasa
laundry di bandung” dsb.
Inti dari teknik LBO ini adalah mempermudah calon konsumen untuk mengakses
contact person dan mengetahui lokasi anda sehingga dapat menjaring calon
konsumen yang tertarget dan siap untuk transaksi.
Studi kasus
Saya ingin membuka usaha jasa
pembuatan blog. Karena saya lahir di pekalongan dan berdomisili di pekalongan
maka target pasar utama saya adalah daerah pekalongan.
Yang bisa saya lakukan adalah membuat
blog baru dengan memanfaatkan teknik LBO atau memposting artikel dengan teknik
LBO ke blog yang sudah ada.
Karena saya masih ingin mengetahui
kinerjanya maka saya memilih memakai blog yang sudah ada, selain mudah di indeks
oleh mesin pencari, postingan saya juga bisa bertahan lebih lama di mesin
pencari karena blog yang saya gunakan sudah pernah saya optimasi sebelumnya.
Untuk mencoba teknik LBO ini saya menggunakan
rumus LBO yaitu:
Kata kunci (keyword) + Lokasi/tempat + CP (contact person)
-Kata kunci yang saya pakai adalah
jasa pembuatan blog,
Maka LBOnya adalah:
-“Jasa pembuatan Blog di pekalongan
082328626255”
Atau longtail keywordnya
-“jasa pembuatan blog profesional di
pekalongan 082328626255”
Dengan menggunakan teknik LBO ini
dalam beberapa menit langsung mendapatkan posisi tertinggi di mesin pencari
tanpa melakukan optimasi apapun walaupun isi postingannya hanya satu paragraf
saja karena pesaing kata kunci yang saya target untuk daerah saya belum ada.
Jika ada pesaingnya maka harus
melakukan sedikit optimasi untuk mengalahkan pesaing keyword yang saya target.
Tapi biasanya pesaingnya tidak terlalu tinggi dan mereka adalah pemain LBO yang
tidak berdomisili di daerah saya. Jadi saya tetap lebih unggul dari mereka.
Ada beberapa kata kunci yang pernah
saya target untuk daerah saya sendiri. Diantara yang telah berhasil menarik
calon konsumen adalah:
-“Jasa pembuatan blog di pekalongan
08328626255”
&
-“jual bibit ayam broiler di
pekalongan 082328626255”
Kata kunci yang pertama berhasil
menarik calon konsumen baru sekali melalui sms. Mungkin karena di daerah saya
kesadaran masyarakat tentang dunia blog masih tergolong rendah. Dan Kata kunci
yang kedua berhasil menarik calon konsumen sebanyak kurang lebih 15 kali.
Mereka mengakses contact person yang ada di postingan. Saya sudah mendapatkan
chat wa, sms, dan telepon beberapa kali untuk kata kunci ini.
Hal ini menandakan adanya peluang
besar yang dapat kita manfaatkan dari teknik LBO ini.
Selain menarget daerah domisili
sendiri teknik LBO ini bisa digunakan untuk menarget lokasi pasar sesuka anda.
Tapi jika produk yang anda tawarkan berupa barang maka anda perlu memperhatikan
faktor distribusi, apakah anda mendistribusikan ke lokasi yang ingin anda
terget atau tidak. Jika anda merasa belum mampu menjangkau target lokasi
tersebut sebaiknya anda urungkan dulu niat anda untuk menarget lokasi yang
belum bisa anda jangkau dalam hal distribusi barang tersebut.
Hal tersebut akan berdampak pada citra
brand/perusahaan anda. Jika anda tidak bisa memenuhi kebutuhan calon konsumen
maka citra nama anda akan turun di mata calon pelanggan karena dianggap tidak
professional.
Saya sendiri dalam menentukan target
pasar untuk kata kunci jual bibit lebih hati-hati daripada kata kunci jasa
pembuatan blog, karena untuk mendistribusikan bibit yang berupa barang hidup
tersebut tidak bisa sembarangan
mendistribusikannya ke lokasi yang terlalu jauh. Selain biayanya mahal faktor
keamanan barang juga sangat berpengaruh. Berbeda dengan jasa pembuatan blog.
Dengan kata kunci ini saya lebih fleksibel menentukan lokasi pasar saya karena
produk yang saya tawarkan berupa jasa dan transaksinya bisa dilakukan secara
online.
Alternatif untuk target kata kunci
yang berupa barang hidup seperti yang saya target adalah membuka cabang di
lokasi yang ingin saya target atau mencari relasi di lokasi yang ingin saya
target tersebut. Dengan mencari relasi saya bisa menjadi dropshipper atau affiliate.
Tentunya hal ini sangat menguntungkan dan lebih simpel.
Tapi jika anda tidak mau kehilangan
kesempatan, maka anda bisa menarget lokasi sesuka anda tanpa memperhatikan
faktor distribusi dengan catatan di lokasi-lokasi yang anda rasa belum bisa
menjangkaunya anda perlu menambahkan informasi tambahan yaitu berupa permohonan
maaf bahwa untuk lokasi tersebut belum tersedia dan juga informasi tambahan
lokasi-lokasi yang sudah tersedia produknya.
Dengan cara tersebut maka calon
konsumen akan tahu dan bisa jadi mereka akan menunggu ketersediaan produk di
tempat mereka. Nah secara tidak langsung berarti anda telah membangun brand di
lokasi tersebut. Dan suatu saat nanti jika anda sudah mampu menjangkau lokasi
tersebut anda tinggal mengganti informasinya menjadi tersedia. Anda juga bisa
langsung menghubungi calon konsumen yang pernah bertanya kepada anda.
Pernak-pernik untuk menghiasi teknik LBO
Agar teknik ini terlihat lebih cantik
dan menawan maka anda perlu menambahkan pernak-pernik yang akan menghiasi
teknik ini menjadi lebih cantik dan menawan. Pernak pernik ini bisa anda
tambahkan di postingan LBO / Isi dari postingan LBO.
Berikut ini adalah pernak-pernik yang
akan mempercantik Postingan LBO anda:
Contact
Kontak adalah informasi tentang fakta
keberadaan yang meliputi: Alamat lengkap, No. Hp/ Telepon, Social media, dsb.
About (tentang)
About adalah informasi tentang produk
yang anda tawarkan. Bisa berupa uraian produk secara sederhana ataupun uraian
produk secara mendetail yang bisa memberi manfaat bagi calon konsumen dan bisa
menggambarkan kaseluruhan produk yang anda tawarkan.
Why us?
Why us adalah informasi tentang
mengapa mereka harus memilih anda, yaitu berupa keunggulan yang anda miliki
baik dari segi pelayanan maupun produknya.
Our Team
Our Team adalah informasi tentang tim
anda yaitu orang yang ikut berkontribusi di dalam bisnis anda [jika ada].
Biasanya berupa foto dan profil singkat.
Relasi
Relasi adalah informasi tentang
jaringan yang anda miliki, yaitu berupa perusahaan atau pengusaha lain. Bisa
berupa logo perusaan atau foto pengusaha beserta profil singkatnya.
The Power Of LBO
Agar teknik LBO lebih powerfull maka
anda perlu melakukan beberapa langkah diantaranya adalah hipnoselling, riset
pasar, dan Optimasi Mesin Pencari (SEO).
Hipnoselling
Hipnoselling adalah kalimat yang
membangkitkan emosi positif dan membuat calon konsumen tertarik, merasa cocok
dan ingin segera membeli produk anda.
Anda bisa meletakkan hipnoselling di
kalimat awal dan kalimat akhir pada postingan dan juga memasukkannya ke dalam
pernak-pernik LBO. Silahkan bisa anda kreasikan sendiri.
Riset pasar
Riset pasar adalah menentukan lokasi
pasar yang tepat untuk menawarkan produk anda dan berpeluang mendapat konsumen
yang lebih banyak.
Riset pasar ini dilakukan dengan
memanfaatkan salah satu produk google yaitu google trends. Dengan menggunakan
google trends anda bisa tahu di kota mana produk anda banyak dicari oleh
konsumen. Sehingga jika anda berhasil menarget lokasi tersebut dan dapat
bersaing di mesin pencari maka anda berpeluang kebanjiran order.
Untuk teknisnya bisa anda coba-coba
sendiri di trends.google.co.id/trends
Jika masih belum bisa riset pasar
menggunakan google trends anda bisa mencari tutorialnya di google, youtube,
atau tanya ke teman yang tahu.
Teknik LBO bisa digunakan untuk apa saja?
Teknik ini bisa anda gunakan untuk bermain dropship, affiliate, atau menjual produk anda sendiri.
Silahkan dicoba sendiri. Saya sudah
membuktikannya, sekarang giliran anda.
Silahkan dikreasikan sendiri sesuai
dengan kemampuan anda. Semoga bermanfaat.
Source : Ebook SEO
untuk Jualan - Much. Nasih Amin - Wkyes (bukan Blogspot Biasa)
0 Comments:
Post a Comment